Sabtu, 13 Maret 2010

Bikin Equalizer Musik Versi 3D

Kamis, 9 Juli 2009 |

Meski menggambar di aplikasi vektor, Anda tetap bisa bermain-main dengan gambar 3D. Ya, aplikasi ini dapat dipakai membuat gambar tiga dimensi dalam proses menggambar obyek. Ini berkat hadirnya fasilitas “Extrude Tool” yang membuat proses penciptaan kesan 3D menjadi lebih mudah.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa mengikuti panduan membuat gambar equalizer musik 3D dengan CorelDRAW X4 berikut ini. Tool yang sama juga dapat Anda terapkan pada obyek lain seperti teks, misalnya untuk membuat teks 3D seperti judul komik Superman.

Ini langkah-langkahnya:

1. Equalizer adalah susunan kotak berwarna-warni yang biasanya muncul di peranti amplifier. Untuk awal pembuatan, buatlah sebuah kotak dengan [Rectangle Tool]. Klik-tarik pointer sambil menekan [Ctrl] untuk membentuk segi empat sama sisi.

2. Untuk membuat jajaran kotak, klik [Edit] > [Step and Repeat…]. Docker Step and Repeat akan muncul. Buatlah jajaran kotak vertikal. Isikan jumlah kotak yang hendak dibuat kotak “Number of copies:”. Pada “Horizontal Settings”, pilih [Offset], dan isikan kotak “Distance“ dengan 0,0.

3. Pada “Vertical Settings”, pilih [Spacing Between Objects], dan isikan angka jarak antar kotak pada kotak “Distance”. Di sini, nilai jarak diisi 1,15 inci. Selanjutnya, klik [Apply]. Maka kotak baru, sejumlah nilai yang telah dimasukkan ke “Number of copies”, akan muncul.

4. Seleksi semua kotak dengan mengklik-tarik pointer di sekeliling jajaran. Buat jajaran kotak secara horizontal. Pilih [Offset] dan isikan 0,0 pada “Distance” di “Vertical Settings”. Pilih [Spacing Between Objects] dan isikan jarak antar kotak di “Distance” pada “Horizontal Settings”.

5. Isikan jumlah duplikasi kotak pada “Number of copies:”, lalu [Apply]. Jajaran kotak akan muncul. Jajaran kotak equalizer selalu tidak sama tinggi, maka hilangkan sebagian kotak dengan mengkliknya, lalu tekan [Delete]. Seleksi semua kotak, klik-kanan kotak, dan pilih [Combine].

6. Tampilkan efek 3D. Klik [Extrude] di toolbox. Klik pada bagian tengah jajaran kotak, lalu sambil menekan tombol [Ctrl], klik pointer ke arah bawah. Tampilan tiga dimensi kini muncul. Cobalah mewarnainya dengan mengklik salah satu warna di palette warna.

7. Untuk mulai mewarnai, klik [Pick Tool]. Klik jajaran kotak, lalu pilih [Arrange] > [Break Extrude Group Apart], atau tekan [Ctrl] + [K]. Klik-kanan pada kotak, lalu pilih [Break Curve Apart]. Seleksi satu jajaran kotak vertikal]—boleh dari kiri atau kanan.

8. Pilih warna untuk jajaran tersebut dari palet warna di kanan jendela aplikasi. Selanjutnya, beri warna satu per satu hingga tuntas. Seleksi semua kotak, lalu klik [Ctrl] + [G]. Anda bisa mengetikkan teks untuk mempercantik desain.

Sumber: PCplus


Tidak ada komentar: